Aktivitas membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang memberikan banyak manfaat untuk semua orang. Anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia memiliki minat membaca yang berbeda-beda. Namun kegiatan membaca yang dilakukan sejak usia dini, akan menuntun seseorang pada luasnya wawasan dan informasi yang mereka dapatkan.

    

 

 

 

 

 

 

Pada hari ini, tepatnya tanggal 24 Agustus diperingati sebagai Hari Anak Jakarta Membaca. SMP Strada Pelita Pejompongan berpartisipasi dengan menambah jam literasi bagi siswa. Biasanya 30 menit sebelum memulai pembelajaran jarak jauh, siswa melakukan literasi atau kegiatan membaca buku kemudian meringkas hasil dari bacaan yang dibaca. Namun untuk hari ini, siswa diberikan waktu selama 60 menit untuk dapat membaca buku bacaan yang ada di rumah mereka masing-masing. Para siswa membaca artikel ataupun cerita dari sumber yang berbeda-beda. Ada siswa yang membaca buku pelajaran, novel, majalah, hingga komik. Selain itu, ada juga siswa yang membaca bacaan dari internet atau melalui media e-book.

 

 

 

 

 

 

 

Aktivitas membaca atau literasi ini diharapkan semakin menumbuhkan minat membaca dalam diri siswa sehingga pengetahuan yang mereka peroleh tidak hanya mengenai materi pelajaran, tetapi meliputi berbagai ilmu pengetahuan dan wawasan yang semakin luas.

 

Sebarkan artikel ini