Haiii… jumpa lagi dalam kabar berita sekolah kita

Berita kali ini kita akan mengupas tentang Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN). Menurut sejarahnya, HCPSN  mulai ditetapkan pada 5 November 1993 melalui Kepres No. 4 1993 tentang Satwa dan Bunga Nasional oleh Presiden Soeharto. Pada Upacara Pencanangan Tahun Lingkungan Hidup tanggal 10 Januari 1993 di Jakarta, Presiden Soeharto dalam sambutannya menyampaikan pesan tentang tujuan HCPSN yaitu “Untuk terus menerus meningkatkan diri kita agar kita selalu menjaga kelestarian fungsi lingkungan, maka kita telah menetapkan satu hari dalam setahun sebagai hari yang menggugah kesadaran dan kecintaan kita semua pada puspa tanaman dan satwa alam kita. Untuk itu saya menetapkan tanggal 5 November sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional.”

Pemerintah menetapkan jenis-jenis tumbuhan dan hewan sebagai puspa nasional dan satwa nasional. Ada 3 jenis satwa yang masing-masing mewakili satwa darat, air, dan udara, dinyatakan sebagai Satwa Nasional. Untuk selanjutnya dikukuhkan penyebutannya sebagai berikut :

 

  • Komodo (Varanus Komodoensis) sebagai satwa nasional.
  • Ikan Siluk Merah (Sclerophages Formosus) sebagai satwa pesona.
  • Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi) sebagai satwa langka.

Ada pula 3 jenis bunga yang dinyatakan sebagai bunga Nasional, dan selanjutnya dikukuhkan penyebutannya sebagai berikut:

  • Melati (Jasminum Sambac) sebagai puspa bangsa.
  • Anggrek (Palaenopsis Amabilis) sebagai puspa pesona.
  • Padma Raksasa (Rafflesia Arnoldi) sebagai puspa langka.

Nah sekarang sudah tau kan sejarah dari HCPSN ini ?. Lalu apa sih kegiatan yang dilakukan sekolah kita sebagai upaya untuk mencintai dan peduli terhadap satwa dan puspa?

Pada hari Sabtu tanggal 5 November 2022 sekolah kita juga memperingati HCPSN agar dapat menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap puspa dan satwa. Ada yang menyiram tanaman, memberi makan hewan, membuat komik dengan tema puspa dan satwa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah ini adalah hasil komik karya siswa-siswi kelas 7,8, dan 9. Luar biasa dan hebat kalian !!

 

 

Kalian bisa klik link di bawah ini untuk membaca komiknya.

https://online.flippingbook.com/view/1042121176/

 

 

 

Selamat memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional tahun 2022. Mari kita bangun kesadaran untuk lebih memiliki rasa cinta terhadap puspa dan satwa agar keanekaragaman hayati tetap lestari.

Salam AMDG

Sebarkan artikel ini